http://zaqi-rizky.blogspot.com/ $ come here now $

Zaqi & Rizky


ShoutMix chat widget

Rabu, 16 Februari 2011

Badai Tropis Kembali Serang Australia

Posted by Latest News 19.16, under | No comments

Banjir di Australia (Foto: Getty Images)
SIDNEY - Hujan deras dan angin kencang menyerang wilayah Darwin, Australia hari ini. Bencana ini terjadi setelah dua pekan lalu, badai kuat menyerang dan menyebabkan kerusakan berat di beberapa wilayah Australia.

Akibat badai ini, sekolah dan lalu lintas udara di bandara utama Darwin terpaksa ditutup. Memang badai tropis siklon Carlos tampak mulai terbentuk di wilayah utara Darwin. Daerah tersebut sebelumnya sudah terendam banjir, dan pasokan listrik pun terputus akiba cuaca ekstrem ini.

Menurut stasiun berita ABC, Rabu (16/2/2011), jalanan di Darwin saat ini sudah dibanjiri dengan air. Mereka juga juga melaporkan sebuah rumah dan ambulans hancur akibat tertimpa pohon yang roboh. Badan Cuaca Darwin pun melaporkan selama 24 jam terakhir dilanda hujan mencapai 350 milimeter.

Badai Carlos dianggap sebagai badai kategori satu dari skala lima. Diperkirakan badai ini akan menyentuh kategori dua pada hari Kamis 17 Februari, saat badai ini bergerak lambat dari Darwin menuju wilayah barat daya Australia.

Wilayah Darwin yang memiliki populasi sekira 120 ribu jiwa, sebelumnya pernah diserang badai siklon Tracy pada 1974. Bencana itu dianggap sebagai yang paling terparah dalam sejarah bencana badai di Darwin. 
Warga pun diminta untuk memperingatkan barang berharga mereka, dan membuat rencana evakuasi bila rumah tidak tahan badai.

Badan Meteorologi Australia mengatakan angin sudah bertiup hingga kecepatan 110 kilometer perjam dan diperkirakan akan menyentuh 130 kilometer per jam. Badai Carlos diperkirakan dapat menimbulkan gelombang air yang tinggi serta menyebabkan banjir di wilayah pantai Darwin.

0 komentar:

Posting Komentar