http://zaqi-rizky.blogspot.com/ $ come here now $

Zaqi & Rizky


ShoutMix chat widget

Rabu, 01 Desember 2010

Enam Modal Berbisnis Selain Uang

Posted by Latest News 19.17, under | No comments

ILUSTRASI: Apakah Anda percaya jika dikatakan bahwa sebenarnya modal utama untuk menjadi pengusaha itu bukan uang. Kenapa? Karena kita tahu, banyak orang kita jumpai memiliki uang yang tidak sedikit, paling tidak cukup untuk membuka usaha, namun tidak mau menjadi pengusaha. (foto: Google)
ILUSTRASI: Apakah Anda percaya jika dikatakan bahwa sebenarnya modal utama untuk menjadi pengusaha itu bukan uang. Kenapa? Karena kita tahu, banyak orang kita jumpai memiliki uang yang tidak sedikit, paling tidak cukup untuk membuka usaha, namun tidak mau menjadi pengusaha. (foto: Google)
Ada sebuah statistik yang sangat menarik tentang pengusaha, yaitu sebuah negara akan maju jika minimal dua persen rakyatnya adalah pengusaha. Lalu bagahttp://www.blogger.com/post-create.g?blogID=3189816224879150797imana dengan Indonesia? Berdasarkan data di Indonesia, jumlah pengusahanya hanya 0,18 persen. Artinya, masih terbuka kesempatan yang sangat luas bagi kita untuk menjadi pengusaha.

Menjadi pengusaha itu sulit? Modalnya dari mana? Mau usaha apa? Barangkali pertanyaan itu yang akan muncul jika Anda diminta untuk menjadi pengusaha. Sebuah pertanyaan yang klasik, apalagi pertanyaan tentang modalnya darimana?


Apakah Anda percaya jika dikatakan bahwa sebenarnya modal utama untuk menjadi pengusaha itu bukan uang. Kenapa? Karena kita tahu, banyak orang kita jumpai memiliki uang yang tidak sedikit, paling tidak cukup untuk membuka usaha, namun tidak mau menjadi pengusaha.
Ya karena memang modal utama tidak harus uang. Ada empat hal yang yang bisa Anda jadikan modal untuk memulai usaha, yaitu:

VisiJika Anda ingin menjadi pengusaha, maka anda harus memiliki visi. Secara garis besar visi berarti pandangan jauh kedepan. Pertanyaan seperti untuk apa Anda membuka usaha akan menjadi salah satu cara untuk menemukan visi Anda. Dan yang cara yang paling mudah untuk menemukan visi adalah dengan mengajukan sebuah pertanyaan singkat, apa yang Anda anggap paling penting dalam hidup ini?

StrategiYang kedua yang harus Anda miliki untuk menjadi pengusaha adalah strategi. Apa yang dimaksud strategi? Cara bagaimana Anda melakukan usaha yang akan dijalani. Kenapa kita harus punya strategi? Ya karena strategi untuk mendapatkan uang Rp 100 berbeda dengan strategi mendapatkan uang Rp 100 juta, apalagi Rp 100 milyar. Jadi Anda harus memiliki strategi.

Aksi
Ini yang paling penting yang harus Anda miliki untuk mulai menjadi pengusaha, yaitu aksi. Bagaimana Anda benar-benar menjalankan usaha yang anda rancang.

Refleksi
Yang keempat yang harus Anda miliki adalah kemampuan melakukan refleksi. Refleksi adalah bagaimana anda menjadikan usaha anda memiliki kontribusi kepada orang-orang di sekitar anda, kepada lingkungan anda. Pengusaha sukses adalah mereka yang mampu membuat orang lain menjadi sukses.

Empat hal di atas akan mampu menggerakkan Anda untuk menjadi pengusaha, tidak harus dengan modal uang Anda baru bisa bergerak. Jika Anda sudah memiliki keempat modal di atas, Anda akan mampu mendatangkan apapun, termasuk mendatangkan modal uang untuk Anda. (Ciputraentrepreneurship.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Tags

Blog Archive

Mengenai Saya

Foto saya
Jepara, Jawa Tengah, Indonesia
kami bersal dari banjaran dan wedelan city

Archives